Iklan Adsense Tidak Muncul Karena Masalah Ads.txt

Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul Karena Masalah Ads.txt - Setelah beberapa lama program periklanan Google Adsense berjalan dan tidak ada perubahan, sekarang Google Adsense menambahkan fitur baru, yaitu adanya penambahan ads.txt.

Apa Itu Ads.txt?

Ads.txt merupakan inisiatif dari Interactive Advertising Bureau Tech Lab atau (IAB) yang berfungsi untuk mempromosikan dan juga meningkatkan transparansi dalam program periklanan. Penambahan ads.txt adalah cara yang cukup membantu bagi penayang Adsense untuk menunjukkan dengan jelas kepada pembeli yang diberi wewenang untuk menjual inventaris mereka.

Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul Karena Masalah Ads.txt

Dan sekarang, semua pemilik akun Adsense akan mendapatkan notifikasi yang terdapat pada dashboard akun Adsense yang bertuliskan seperti ini.

Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.

Dan kalian disunnahkan untuk memasang kode ads.txt pada blogspot atau website kalian agar penghasilan Adsense kalian lancar jaya dan iklan tidak menghilang-hilang.

Tapi ada sedikit permasalahan yang ditemukan oleh beberapa pengguna atau publisher Google Adsense semenjak ada penambahan fitur baru Ads.txt, yaitu iklan yang tidak kunjung muncul-muncul di blog meskipun ditunggu hingga 24x7 jam :)


Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Muncul Karena Masalah Ads.txt

Nah pada tutorial kali ini, admin akan memecahkan masalah tersebut, tapi sebelum itu, ada beberapa alasan jika iklan adsense didalam blog kalian tidak kunjung muncul, seperti:
  • Masalah Akun Hosted
  • Unit Iklan Baru Dibuat
  • Script Iklan Belum Terpasang
  • Jaringan Lambat
  • Masih Review Tahap 2
  • Blog Tidak Terverifikasi Didalam Akun Adsense
  • Banned
  • DLL
Nah mungkin sebelum lanjut ke tutorialnya kalian bisa cek terlebih dahulu masalah diatas, apakah ada kesalahan atau tidak, jika belum juga bisa menyelesaikannya maka ikuti tutorialnya dibawah ini.

#1. Pertama, kalian harus benar-benar pastikan kode ads.txt yang terdapat pada dashboard Adsense sama persis yang ditempel pada dashboard blogspot.

Kode Ads.txt

Pastikan kode penayang kalian sama dengan kode yang kalian taruh pada dashboard blogspot, jika sudah benar, maka langsung save saja, tunggu hingga 6 jam maka iklan kalian akan muncul seperti biasa.

Jika belum muncul juga lakukan langkah-langkah ini.

#2. Rata-rata yang memiliki masalah seperti ini akun non hosted, atau blog yang berdomain, jadi berarti ada masalah pada tab penghasilan dashboard blogger yang sudah tertutup karena mengganti bahasa.

Cara Ini Digunakan Bagi Pengguna Adsense Non Hosted, Atau Blogspot Yang Sudah Memakai Domain :)

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa langsung mengecek apakah ada suatu masalah pada akun adsense non hosted kalian dengan cara seperti ini.

1) Masuk ke dashboard Blogspot > Setting > Bahasa dan Pemformatan, lalu ganti bahasa kalian dari Indonesia menjadi Inggris (Inggris Raya) - English (United Kingdom).


Mengubah Bahasa

Setelah itu, kalian langsung klik "Simpan Setelan" lalu langsung refresh halaman tersebut.
2) Selanjutnya, akan terbuka halaman penghasilan, silahkan buka dan kalian akan menjumpai sedikit data akun Adsense kalian.

Nomor Penayang Adsense Diterima

Disana terdapat data-data akun Adsense yang terhubung pada blogspot kalian, pastikan nomor dan ID penayang Adsense kalian sama persis dengan yang ditampilkan pada dashboard blogspot kalian.

Bagaimana Jika ID Penayang Saya Berbeda?

Jika ID penayang atau akun Adsense kalian dengan blogspot berbeda, kalian tidak perlu khawatir, karena cara mengatasinya cukup mudah, silahkan ikuti kembali tutorial dibawah ini jika nomor penayang Adsense kalian berbeda dengan apa yang ditampilkan pada dashboard blogspot.


#1. Tetap pada halaman penghasilan tadi, lalu cari dan klik tombol "Tukar Akun Adsense" dan akan muncul halaman baru.

Tukar Akun Adsense

#2. Setelah itu, akan muncul halaman akun-akun Google kalian, silahkan cari akun dan login dengan akun Google yang memiliki nomor penayangan sama dengan yang seharusnya berhubungan dengan blogspot kalian.

Dan selanjutnya kalian akan memasuki tahap verifikasi website, apakah benar website tersebut ingin dihubungkan atau tidak, jika sudah benar, langsung klik "Accept Association"

Verifikasi Website

#3. Selanjutnya, kalian akan masuk menuju dashboard Google Adsense dan ada pop up berupa pemberitahuan untuk redirect, silahkan tunggu saja karena nanti akan redirect sendiri.

Redirect

#4. Setelah redirect, kalian akan menuju ke halaman blogspot, tetapi ada opsi konfirmasi untuk menghubungkan akun Adsense dengan blog tersebut. Silahkan klik lanjutkan untuk menyelesaikannya.

Konfirmasi Website

#5. Selanjutnya, kalian akan kembali menuju dashboard penghasilan blogger dan coba lihat, apakah kode ID penayangannya sudah berganti? Dan apakah sudah sama dengan akun Adsense full approve kalian?


Jika semua sudah sama, kembali lagi menuju Dashboard > Setting > Bahasa dan Pemformatan, dan ganti lagi dari bahasa Inggris United Kingdom, menjadi Bahasa Indonesia, lalu klik "Simpan Setelan"

#6. Selesai, silahkan kalian tunggu 30 menit, setelah menunggu, kalian WAJIB buat unit iklan baru pada dashboard Adsense, setelah itu pasang pada tata letak blogspot kalian.

Setelah itu tunggu hingga 30 menit lagi agar iklan baru menjadi aktif, setelah itu coba buka blog kalian dan refresh, dan lihat apakah iklan sudah tayang atau belum.

Tapi saya pastikan jika kalian mengikuti tutorial mengatasi iklan Adsense tidak muncul karena masalah ads.txt dengan benar, maka dalam kurang dari 1 jam iklan kalian akan muncul kembali.